: 021 - 2960 1577

Engoo's Blog

Inilah Bahasa Inggris yang Kamu Perlukan Saat Traveling!

Big_shutterstock_113191534



Inilah Bahasa Inggris yang Kamu Perlukan Saat Traveling!


 

Untuk kamu yang suka Traveling, pasti sudah tidak heran lagi kalau Bahasa Inggris banyak digunakan di banyak negara. Akan menjadi keuntungan apabila kamu dapat berbahasa Inggris ketika sedang berlibur ke suatu negara. Misalnya pada saat kamu ingin memesan makanan di restoran atau meminta sesuatu pada pihak hotel.

So, berikut adalah ungkapan Bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan pada 5 situasi penting berikut. Ingat terus ungkapan-ungkapan ini dan berusahalah untuk menggunakannya di setiap situasi yang sesuai.


Airport

Yang pertama adalah Imigrasi, karena ketika masuk ke suatu negara kamu pastinya akan melewati bagian satu ini. Maka perhatikan ungkapan berikut ini:


Petugas:  “What’s the purpose of your visit?” (Apa tujuan Anda berkunjung?)
Saya: “For sightseeing.” (Untuk bertamasya)
Petugas: “How long will you be staying here?” (Berapa lama Anda akan tinggal di sini?)
Saya: “I”ll be staying here for three days.” (Saya akan tinggal selama 3 hari)


Biasanya kamu juga akan ditanya hal ini
“What’s your occupation?” (Apa pekerjaanmu?)

Jika kamu sudah bekerja, kamu dapat menjawabnya dengan “I’m a doctor (atau pekerjaan lainnya)”



Hotel

Percakapan ini juga sangat diperlukan ketika kamu sudah tiba di Hotel, so mari kita ingat terus percakapan berikut ini dan semuanya akan berjalan lancar.


Resepsionis: “May I help you?” (Apa yang bisa saya bantu?)
Saya:  “Check in please, I have a reservation under Rika.” (Saya ingin mendaftar, saya memiliki pemesanan atas nama Rika)
Resepsionis: “We’ve been waiting for you. Let me check your reservation.” (Kami sudah menunggu Anda, kami akan memeriksa pemesanan Anda)
Saya:  “Here is the confirmation slip.” (Berikut selip/bukti konfirmasinya)
Resepsionis:  “Oh, thank you. May I have it?” (Oh, terima kasih. Bolehkah saya memintanya?)



ketika sedang berlibur ke luar negeri, mungkin kamu akan tiba di hotel lebih awal sebelum jam check-in dan ketika kamu ingin menitip bagasimu maka kamu dapat menggunakan ungkapan ini:

“Could you please keep my baggage till the check-in time?” (Bisakah Anda menyimpan bagasi saya hingga waktu check-in?)

Kamu juga dapat menggunakan ungkapan ini ketika kamu ingin seseorang menyimpan bagasimu baik saat di toko, restoran, musim seni, dan yang lainnya. Ini merupakah ungkapan yang sangat berguna di banyak situasi dan tentu saja penting, so ingat terus ya ungkapan berikut ini.

“Could you please keep my baggage?” (Bisakah kamu menyimpan bagasi saya?)
“Could you please keep my baggage after checking out?” (Bisakah kamu menyimpan bagasi saya setelah check out?)
“Could you please keep my baggage while I’m here?” (Bisakah kamu memegang bagasi saya selama saya di sini?)

Transportasi

Sekarang, setelah kamu selesai check-in di hotel dan kamu ingin pergi keluar untuk melihat area diluar. Mungkin  saja kamu tidak familiar denagn jalanan yang ada di luar negeri. Pasti akan menjadi hal yang menakutkan jika tersesat di sebuah negara yang kamu tidak familiar. Semua yang kamu lihat adalah sesuatu yang baru. Nah, ketika berbicara mengenai Bahasa Inggris yang berhubungan dengan transportasi, mungkin hal pertama yang terlintas di kepalamu adalah berkeliling dengan menggunakan taxi. Kamu tidak perlu banyak berbicara Bahasa Inggris ketika berkeliling dengan bus atau kereta.


Supir: “Where?” (Kemana?)
Saya: “I want to go to this point on this map.” (Saya ini pergi ke titik yang ada di peta ini)
Supir: “OK, I got it. It’ll take about ten minutes.” (Baiklah, saya mengerti. Perjalanan ini kurang lebih akan ditempuh sekitar 10 menit)
Saya : “How much is it to the place?” (Berapa harganya untuk pergi ke sana?)
Supir: “I think that would be ten dollars.” (Saya kira harganya 10 dolar)



Gampang bukan? Ungkapan penting dalam situasi ini adalah "I want to go to 〜." Cukup ubah tujuannya dan pengemudi akan membawamu ke sana. Saat diperjalanan kamu juga dapat bertanya kepada pengemudi mengenai tempat-tempat wisata atau yang wajib dikunjungi.

 

Restaurant

Karena kamu sudah berjalan begitu jauh, tentu makan makanan yang enak akan menjadi hal yang kamu tunggu. Tidak ada hal menarik lainnya selain mencoba makanan khas dan unik dari negara lain. Wow! Sebelumnya, pastikan kamu sudah menguasai beberapa ungkapan yang penting ketika berada di restoran, seperti memesan makanan. Dengan menguasai ungkapan berikut ini tentu semuanya akan berjalan dengan lancar.


Saya: “Excuse me. Can I order?” (Permisi, Bisakah saya memesan?)
Pelayan: “Sure! What can I get you?” (Tentu! Apa yang bisa saya pesankan?”)
Saya: “I’ll take this salad and this soup. What’s this chicken like?” (Saya ingin pesan salad dan sup ini. Seperti apa ayam ini?)
Pelayan:  “That’s grilled chicken called Rotisserie chicken. That is very popular here. (Itu ayam panggang yang disebut Ayam rotisserie. Itu sangat terkenal di sini)

Saya: “Sounds good. I’ll take it. Could you make it two?” (Kedengarannya menarik. Bisakah Anda pesankan itu 2?)

Pelayan: “Certainly. Anything else?” (Tentu saja. Yang lainnya?)
Saya: “Do you have any local specialities?” (Apakah kamu memiliki makanan khas setempat?)
Pelayan: “Well, we have a special menu. Would you like it?” (Baik, kami memiliki menu spesial. Apakah Anda mau?)
Saya: “Thanks, I will.” (Terima kasih, saya mau)


 

  Percakapan tadi adalah percakapan utama yang penting dan perlu dikuasai. Kami berharap kalian dapat berbicara ketika sedang mengalami pengalam kuliner yang menakjubkan.

Dan berikut ini adalah ungkapan berguna lainnya yang dapat kamu gunakan ketika berada di restoran:

“What would you recommend?” (Apa yang akan Anda rekomendasikan?)

Ungkapan ini merupakan ungkapan ajaib! So, jangan ragu untuk mencobana ketika meminta sebuah rekomendasi.


Berbelanja

Sekarang, mari kita membahas situasi terkahir yaitu berbelanja. Tanpa banyak ragu, pasti kalian beranggapan bahwa berbelanja merupakan aktivitas yang menyenangkan. Maka persiapkan diri kalian untuk menguasi ungkapan-ungkapan yang bisa dipakai ketika berbelanja.
 


Pelayan: “May I help you?” (Ada yang bisa saya bantu?)
Saya:  “Just browsing.” (Hanya melihat-lihat)
Pelayan: “If you have any questions, just call me.” (Jika Anda ada pertanyaan, silakan panggil saya)
Saya: “Can I try this on?” (Bisakah saya mencoba ini?)
Pelayan: “Of course. This way please.” (Tentu, silakan sebelah sini)
Saya: “Do you have another color?” (Apakah kamu punya warna lain?)
Pelayan:  “That comes in white, red and blue. Would you like to try some?” (Itu datang dalam warna putih, merah dan biru. Apakah Anda ingin mencoba beberapa warna?)
Saya: “Yes, please.” (Ya, tolong)



Ketika berada di dalam toko di luar negeri, terkadang para pegawai atau pelayan akan menyapamu dengan mengatakan ‘Hello”. Sebaiknya jangan abaikan hal ini, karena ini bisa menjadi awal untuk memulai percakapan. Kamu dapat membalasnya dengan mengatakan “Hi” kepada mereka.
 

 



【Ketika Membayar】

Saya:”Can I pay in cash?” (Bisakah saya membayar dengan tunai?)
Kasir: “Sure.” (Tentu)
Saya: “Do you take a credit card?” (Apakah Anda menerima kartu kredit?)
Kasir: “Yes, of course.” (Ya, tentu)
Saya: “How much is it altogether?” (Berapa harga semuanya?)
Kasir: “That comes to $500.” (Itu jadi $500)
Saya: “Then I’ll pay it by credit card.” (Saya akan bayar menggunakan kartu kredit)



Dalam bagian berikutnya, kita kana mempelajari beberapa ungkapan yang bisa digunakan ketika situasi berjalan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Ketika situasi seperti ini, ingatlah untuk tidak panik, coba perhatikan situasinya dan ekspresikan dirimu. Persiapkan dirimu untuk situasi-situasi seperti ini!

1. Mencari Arti Kata/Kalimat

Pada zaman sekarang kamus merupakan hal yang tidak sulit untuk ditemui karena tersedia di ponselmu. Jadi, ketika kamu tidak tahu arti dari sebuah ungkapan tinggal lihat artinya di ponselmu saat itu juga. Hali ini sangat penting ketika kamu menemui sebuah masalah saat berlibur.

“Let me check the word.” (Biar saja cek katanya)

Tidak apa untuk mengatakan hal ini dan membiarkan lawan bicaramu sedikit menunggu. “Let me check”  merupakan ungkapan penting di sini, jadi kamu dapat menggunakannya kapanpun kamu mau untuk mencari tahu arti suatu kata.
Atau kamu juga bisa menggunakan ungkapan ini:

“I’m looking up the word.” (Saya mencari arti kata tersebut)


2. Meminta Lawan Bicara untuk Mengulangi

Ketika kamu sedang di dalam percakapan, kadang kamu mungkin saja berpikir mengenai hal lainnya sehingga membuatmu tidak dapat mendengarkan dengan jelas. Di dalam situasi ini, kamu bisa menggunakan ungkapan ini untuk meminta lawan bicaramu mengulanginya:

“What did you say?” (Apa yang kamu katakan?)

Ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk meminta lawan bicaramu untuk mengulangi percakapanya, namun tetaplah mengingat ungkapan ini. Karena ungakapan ini merupakan cara yang termudah dan juga jarang disalahartikan.
 

Nah, semua ungkapan di atas bisa kalian gunakan selama berlibur ke luar negeri dan jika kalian tidak menguasainya tentu ini akan menjadi masalah selama liburan. Jangan ragu untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam mengungkapkan segala pikiran dan pengalamanmu selama libuaran. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik agar liburanmu semakin menyenangkan. Akhir kata, Nikmati liburanmu dan berbicaralah dalam Bahasa Inggris!


“Have fun!” 
“Bon voyage!”

 

Kata Kunci